Skip to main content

Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) dibentuk pada 28 Oktober 2009, sebuah jaringan nasional yang dipimpin oleh komunitas didirikan, dijalankan dan didedikasikan untuk para pekerja seks di Indonesia. Dimana anggotanya terdiri dari pekerja seks dan mantan pekerja seks, baik perempuan, transgender maupun laki-laki.

Organisasi ini bekerja untuk memperjuangkan terpenuhinya hak-hak konstitusi pekerja seks sebagai warga negara, menghilangkan stigma terhadap pekerja seks, mendorong terlibatnya pekerja seks secara penuh dalam pengambilan kebijakan program penanggulangan HIV AIDS, mendorong adanya pengakuan negara Indonesia atau status pekerja seks.

Organisasi Perubahan Sosial Indonesia tidak hanya memperkuat kapasitas internal lembaga, tetapi terus membangun kemitraan dengan lembaga-lembaga lain. Saat ini, OPSI tergabung sebagai anggota Asia Pasifik Network of Social Workers (APNSW) dan NSWP (Global Network of Sex Work Project).

Visi:

Mewujudkan negara yang menjalankan kewajibannya dalam menghormati, melindungi dan memenuhi hak asasi manusia dari pekerja seks di Indonesia, serta memberdayakan pekerja seks di indonesia

Misi:

  • Membangun kesadaran kritis hak asasi manusia pada pekerja seks di seluruh Indonesia
  • Mendorong negara dalam melaksanakan kewajibannya akan penegakan hak asasi manusia kepada pekerja seks di Indonesia
  • Mendorong keterlibatan pekerja seks dalam pengambilan kebijakan di segala aspek
  • Menggalang dan memperkuat solidaritas di kalangan pekerja seks seluruh Indonesia
  • Mendorong keterlibatan pekerja seks dalam upaya penanggulangan IMS, termasuk HIV dan AIDS

Wilayah Kerja: Indonesia.

Isu Strategis: pemenuhan hak konstitusi pekerja seks, edukasi, dan advokasi

Alamat: DKI Jakarta

Situs Web: https://www.opsi-network.org/

Media social:

Kontak: