LATAR BELAKANGLATAR BELAKANG

Melalui kompetisi konsep solusi lokal ini, kami mengundang pemuda-pemudi Indonesia untuk mengambil tempat dalam mengatasi berbagai jenis permasalahan dan tantangan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia, mulai dari lingkaran kehidupan kita yang paling dekat. Kita semua percaya bahwa bagaimana bentuk masa depan Indonesia akan ditentukan oleh gagasan dan imajinasi pemuda-pemudi hari ini.

Konsep Solusi Lokal dibayangkan dapat mengidentifikasi tantangan dan kebutuhan komunitas/masyarakat sekitar; menggambarkan potensi kontribusi sumber daya para pemangku kepentingan setempat; dan pada akhirnya mampu menunjukkan gagasan solusi lokal yang paling mungkin diimplementasikan.

Seluruh konsep akan dipublikasikan dan menjadi usulan terbuka bagi publik luas dengan harapan bahwa ide-ide yang terkumpul tersebut mampu mempengaruhi rencana tindak masa depan, baik bagi pemerintah, sektor swasta maupun masyarakat pada umumnya. Pemenang kompetisi Konsep akan mendapatkan peluang pendanaan awal bagi proses penelitian/pengembangan lebih lanjut konsep tersebut hingga ke tingkat Proposal Kegiatan.

Kemudian, proposal kegiatan akan diupayakan mendapatkan dukungan, dapat berupa dukungan bantuan pendanaan, investasi, fasilitas/infrastruktur, asistensi inkubasi maupun bentuk dukungan/kerjasama lain dari para pemangku kepentingan lokal dan pihak lain yang relevan.

Teknis kompetisi adalah sebagai berikut:

  1. Peserta dan Kelompok Umur: Individu atau kelompok (maksimal 5 orang), SMA (dan sederajat) dan Mahasiswa.
  2. Isi Konsep: Konsep Solusi Lokal akan berisi minimal: (a) judul konsep, paling panjang 7 kata; (b) pilihan tema, bisa dipilih lebih dari satu; (c) keterangan lokasi dimana gagasan solusi lokal ingin diterapkan, sedetil mungkin dari keterangan dusun/desa/kecamatan, diikuti keterangan kabupaten/kota dan provinsi; (d) memaparkan permasalahan/tantangan lokal yang dihadapi didukung dengan data dan foto; dan (e) deskripsi/formulasi sejelas mungkin mengenai gagasan solusi lokal yang ditawarkan, dilengkapi dengan uraian strategi dan aktivitas utama untuk mewujudkan gagasan solusi yang diusulkan; diikuti dengan hasil yang diharapkan dan tata waktu indikatif, mitra potensial, kebutuhan dukungan, boleh disertai bagan alur dan tabel.
  3. Tema Konsep: Tema yang dapat dipilih adalah: (a) kesehatan, (b) pendidikan, (c) ekonomi, (d) lingkungan, (e) iklim, (f) sosial, (g) budaya, (h) perempuan dan anak, (i) disabilitas, (j) infrastruktur, dan (k) tema lain. Dalam penyusunan konsep, pengusul dapat menyasar sub-tema yang lebih spesifik yang merupakan kombinasi beberapa tema, seperti tanaman obat sebagai irisan tema kesehatan, ekonomi dan perempuan; pengelolaan sampah sebagai irisan tema lingkungan, ekonomi dan infrastruktur; lapangan tenaga kerja di bawah irisan tema pendidikan, ekonomi dan sosial; dll.
  4. Format Konsep: Konsep Solusi Lokal dituangkan pada maksimal 2 halaman A4, spasi 1, Arial 11 pt dengan batas marjin tepi halaman atas-bawah-kiri-kanan 2 cm dan dikirimkan dalam format PDF.
  5. Jejaring Lokadaya: akan menyediakan kontak yang dapat dihubungi dan dapat menjadi mentor dalam pengembangan konsep di 34 provinsi yang nantinya juga akan dapat menjadi mentor bagi para pemenang dalam mengembangkan lebih jauh konsep mereka menjadi proposal kegiatan.
  6. Jumlah Pemenang: per kelompok umur adalah 20 orang (total akan ada 40 orang), dengan hadiah/dukungan penelitian/pengembangan konsep masing-masing sebesar Rp 2,5 juta. Tidak terdapat pemeringkatan pemenang.

Tata waktu kompetisi

Pengumuman kompetisi 21 Desember 2021
Batas akhir pengiriman konsep 28 Februari 2022
Proses penilaian dan penjurian Maret 2022
Pengumuman pemenang 31 Maret 2022
Pengembangan proposal kegiatan April 2022
Lokakarya pembelajaran bersama Mei 2022
KIRIMKAN KONSEPKIRIMKAN KONSEP

Kompetisi ini terselenggara didukung oleh :