Skip to main content

PKBM Cahaya Kahuripan Bangsa (PKBM CKB) merupakan lembaga pendidikan nonformal nirlaba dan non profit yang menyelenggarakan pendidikan gratis bagi masyarakat. PKBM CKB terletak di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, dan telah didirikan sejak tanggal 25 September 2010.

PKBM Cahaya Kahuripan Bangsa menyelenggarakan pendidikan kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C. Kursus-kursus keterampilan seperti Kursus Komputer, Kursus Bahasa Inggris dan Kursus Musik, Bela Diri, dan juga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PKBM CKB memiliki penilaian akreditasi B dari BAN PAUD dan PNF.

Dalam perjalanannya sejak pendiriannya di tahun 2010, PKBM CKB mengadakan kerjasama-kerjasama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri, seperti Bala Keselamatan (The Salvation Army), SOS Kinderdorf Indonesia, Finseonghan Salang-Ui Ssias Foundation (Korea), Rumah Belajar Daniel, IKIP Siliwangi, Universitas Kristen Maranatha, GAN Property, Yayasan Sekar Mawar Keuskupan Bandung, Pesantren Ikhwanul Huda, Pesantren Baitul Hikmah serta Desa-Desa di sekitar Lembang yakni di Desa Gudang Kahuripan dan Desa Cikahuripan untuk mengadakan kelas jauh.

PKBM CKB seiring dengan perkembangan zaman, di tahun 2018 memulai pembelajaran secara daring (online) menggunakan “Google Suite for Education” (sekarang bernama “Google Workspace for Education”) untuk memfasilitasi tetap berjalannya proses belajar-mengajar secara daring.

Visi

Terwujudnya lembaga pendidikan non-formal yang unggul di Indonesia dengan terselenggaranya pembelajaran terbuka dan jarak jauh pada tahun 2025.

Misi

  1. Meningkatkan kompetensi tutor dan pengelola melalui kegiatan-kegiatan seminar, pelatihan dan lokakarya.
  2. Mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran yang lebih baik berbasis teknologi Abad 21.
  3. Menjalin kerjasama yang harmonis antara PKBM dengan berbagai pihak untuk menunjang keberlangsungan program.
  4. Mengembangkan keahlian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi para tutor, pengelola dan warga belajar.
  5. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan.
  6. Menyelenggarakan program pendidikan berbasis daring dan pembelajaran tanpa kertas.

Wilayah Kerja: Bandung Barat.

Isu Strategis: pendidikan non formal,

Alamat: Jl. Maribaya No.1 Ruko Central Blok B-6 Rt.01 Rw.01, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, 40391

Website: http://pkbmckb.org/

Media Sosial:

 Kontak: