Skip to main content

PESADA adalah ORNOP lokal di Sumatra Utara. Berdiri pada awal Oktober 1990 sebagai yayasan bernama Yayasan Sada Ahmo/YSA. Setelah 13 tahun exist dalam bentuk yayasan, YSA memutuskan untuk merubah status hukumnya menjadi Perkumpulan disebut sebagai Perkumpulan Sada Ahmo (PESADA), agar lebih independen, transparan, demokratis dan partisipatip.

Visi :

Terwujudnya kekuatan ekonomi politik perempuan akar rumput yang setara & adil gender, inklusif, berkelanjutan dan berpengaruh mulai dari tingkat lokal sampai global.

Misi :

  1. Pendampingan pemenuhan hak perempuan korban kekerasan, termasuk perkawinan anak dan pemenuhan HKSR Perempuan.
  2. Penguatan ekonomi perempuan akar rumput untuk gerakan ekonomi rakyat yang setara gender, inklusif dan berkelanjutan.
  3. Menggali dan pengembangan penguatan kepemimpinan perempuan dan kelompok minoritas di institusi public dan lembaga adat & agama untuk mewujudkan masyarakat yang demokratis dan menghormati keberagaman, adil gender dan tanpa toleransi terhadap segala bentuk diskriminasi.
  4. Menggali dan mengembangkan sumber daya yang mandiri dan berkelanjutan.

Strategi  dan Kerangka Kerja

PESADA mengembangkan misi dan programnya melalui pemahaman sosial-ekonomi dan politik Sumatera Utara di tingkat local, nasional dan global. Ketidaksetaraan jender dan kemiskinan, terutama feminisasi kemiskinan, menjadi masalah utama yang menjadi dasar bagi PESADA dalam mengembangkan Program Penguatan Rakyat khususnya perempuan, anak-anak, keluarga miskin, dan kelompok marginal lainnya.

Program ini menggunakan kerangka kerja penguatan dengan menggunakan “Analisis Kekuasaan’ dengan pendekatan pengorganisasian perempuan akar rumput yang meyakini peningkatan kesadaran kritis sebagai jantung penguatan, dengan memperhatikan pemenuhan kebutuhan dasar dan akses ke sumber daya bagi perempuan miskin.

Wilayah Kerja: Sumatera Utara.

Isu Strategis: feminis, fundamentalisme, primordinalisme dan oligarki, pedesaan, lembaga adat & agama, pemerintahan desa, perkawinan anak, petani, puk-m, perempuan adat, inklusif

Alamat: Kantor Pusat: Jl. Empatlima No. 24 E Sidikalang 22212 Sumatera Utara – INDONESIA Telp. 0627 – 23304

Website: www.pesada.org

Media Sosial:

Kontak: