Skip to main content

Yayasan Resiliensi Lingkungan Indonesia disingkat Yayasan Relung Indonesia, didirikan di Jakarta sejak tahun 2018, dan disahkan oleh notaris Kokoh Henry, SH., MKn melalui Akta No.27 tertanggal 27 Agustus 2018 dan dikukuhkan melalui SK Menteri Hukum dan HAM RI No.AHU-0011620.AH.01.04 Tahun 2018. Sejak berdirinya, Yayasan Relung Indonesia telah meletakkan visinya pada lingkungan hidup, pengelolaan sumberdaya alam dan ekonomi pedesaan Indonesia.

Relung Indonesia merupakan metamorfosa dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Relung yang telah aktif dan berkegiatan hingga tingkat tapak semenjak tahun 2000, sehingga lembaga ini mempunyai pengalaman kerja yang cukup kompleks di tingkat tapak. Relung Indonesia didedikasikan untuk menggugah kesadaran dan kepedulian berbagai pihak terhadap keberlangsungan sistem-sistem alamiah sebagai penopang kehidupan manusia di bumi.

Sistem-sistem alamiah dalam hal ini meliputi iklim, hidrologi, rantai makanan, siklus energi, sistem kesuburan alamiah, dan lainya. Sistem tersebut sekiranya cenderung diabaikan oleh manusia dan pada ujungnya telah menciptakan bencana bagi manusia itu sendiri. Relung Indonesia berupaya mengembangkan hubungan antara manusia dan alam yang harmonis dan dinamis.

Wilayah Kerja: Nasional, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Lahat, Petungkriyono

Isu Strategis: pengelolaan lanskap, perubahan iklim, pendidikan lingkungan dan kebencanaan, deforestasi, perhutanan sosial, livelihood improvement

Alamat: Omah Relung, Kalipentung RT03/RW17, Kalitirto Berbah Sleman Yogyakarta 55573.

Website: https://relungindonesia.org/

Media Sosial:

Kontak: