Skip to main content

PARAMITRA merupakan lembaga yang bergerak dalam bentuk penguatan masyarakat lapis bawah menuju hak-hak sosial, ekonomi, dan politik. Berdiri sejak tahun 1986 dengan dilatarbelakangi adanya dukungan sosial ekonomi di masyarakat yang kemudian mendorong untuk bertindak sesuai kapasitas yang dimiliki.

Pada tahun 1986-1995 Paramitra mengembangkan isu terkait penguatan ekonomi dan penyadaran hak-hak masyarakat. Kemudian pada 1995-2012 Paramitra kembali melakukan penguatan ekonomi melalui kelembagaan koperasi, peningkatan akses terhadap pengelolaan sumberdaya hutan (PSDH), optimalisasi lahan kering untuk pengembangan usaha tani, serta pemberdayaan potensi anak dan remaja.  Tahun 2012-2020 Paramitra melakukan penguatan manajemen kelembagaaan paramitra, juga melanjutkan komitmen dalam memperkuat pada masyarakat yang termarginalkan pada aspek ekonomi, dan politik masyarakat melalui berbagai ragam media aksi. Saat ini Paramitra (2021-2025) melakukan penguatan kelembagaan dan fokus pada pengembangan isu kesehatan dan mendorong terwujudnya masyarakat yang inklusif.

Beberapa program kerja Paramitra yang sedang berjalan saat ini antaralain program penjangkauan untuk pekerja seks perempuan di kota dan kabupaten Malang, program kesehatan mata (I-SEE) di kabupaten Proboliggo dan kabupaten Tuban, program MADANI untuk KIA di kabupaten Malang, dan program pelatihan Emo Demo di kabupaten Malang bekerjasama dengan PMD.

Visi:

Terwujudnya masyarakat yang dinamis dan berdaya dalam memperjuangkan hak-haknya untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan lahir dan batin.

Misi:

  1. Menguatkan kelembagaan masyaraakat
  2. Membangun jejaring dan sinergi dengan para pihak (stakeholder)
  3. Membangun ruang-ruang yang memungkinkan masyarakat mengaktualisasi diri
  4. Menciptakan aksesibilitas masyarakat terhadap sumberdaya yang ada

5. Memobilisasi sumberdaya yang memastikan paramitra dapat menjalankan misi-misinya.

Alamat: Jl Ir Soekarno no 369 Batu, Jawa Timur

Website: https://paramitra.or.id/

Media Sosial:

Kontak: