Skip to main content

Perkumpulan Terbatas Pengembangan Masyarakat dan Konservasi Sumber Daya Alam (PERDU) Manokwari merupakan lembaga yang menaruh perhatian pada isu pengelolaan sumber daya alam dan konservasi. Berdiri pada tahun 1999, PERDU aktif melakukan pemberdayaan masyarakat di Papua Barat, termasuk Manokwari dan Bintuni. PERDU juga banyak terlibat dalam isu pengelolaan hutan berbasis komunitas serta mitigasi bencana.

Saat ini Perdu mempunyai beberapa areal kerja, tak hanya di kabupaten Manokwari tetapi juga di kabupaten Kaimana. Di Manokwari sendiri, ada dua distrik yang disasar program PERDU dalam bidang pertanian, yaitu distrik Minyambouw dan distrik Ransiki. Program utama di kedua distrik ini mengarah pada pengembangan masyarakat pertanian yang berbasis pelestarian lingkungan, khususnya dalam pertanian organik. Sedang pada sisi lainnya, hasil pertanian dengan konsep pertanian berbasis organik ini akan memberikan nilai tambah bagi produk pertanian masyarakat.

Advokasi kebijakan daerah terkait RTRW dan RPJMN Provinsi Papua Barat dan memperkuat akuntabilitas pemerintah dan penegak hukum guna mencapai pengelolaan hutan dan lahan yang berkelanjutan. Selain itu, dalam rangka mendorong keterbukaan informasi di sektor hutan dan lahan di Kabupaten Manokwari dan Provinsi Papua Barat, PERDU melakukan permintaan terhadap sengketa informasi, advokasi dan kampanye serta membangun jaringan bersama CSO lokal.

Wilayah Kerja: Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Teluk Bintuni

Isu Strategis: capacity building, penanganan perubahan iklim, pengelolaan hutan berbasis komunitas serta mitigasi bencana.

Alamat: Jl. Pertanian Wosi Dalam, Belakang SD 41, kelurahan Wosi, Kab. manokwari, Papua Barat

Website PERDU Manokwari — PWYP Indonesia / www.perdu.id

Media Sosial

Kontak: