Skip to main content

Minangkabau sebagai mayoritas penduduk Sumatera Barat, merupakan salah satu suku yang menganut azas Matrilineal, yang jumlahnya sangat sedikit di dunia. Berbeda dengan sistem kekerabatan dan budaya sebagian besar suku di dunia yang patrilineal, nilai dan norma budaya Minangkabau, menempatkan perempuan setara, bahkan lebih istimewa dibanding laki-laki.

Faktanya, berbagai bentuk ketidakadilan gender masih dialami perempuan Minangkabau, baik di ranah publik maupun domestik tampak lebih nyata. Negeri Matrilineal ini, betapapun kuat keberpihakan falsafah adatnya pada perempuan, secara realita tetap lebih berpihak pada laki-laki. Posisi serta kondisi umum perempuan Minangkabau secara sosial, ekonomi dan politik: miskin, menjadi korban KDRT dan poligami, korban beban ganda – rumah tangga, berpendidikan rendah, partisipasi dan representasi politik rendah, akses pelayanan publik minim, stereotype dan stigma.

Lembaga Pengkajian Dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) lahir berlandaskan kesadaran kritis dari berbagai kontradiksi antara realitas perempuan yang subordinat dari nilai dan falsafah budaya. Kelahiran LP2M 7 September 1995 juga menjadi tanda bangkitnya gerakan perempuan di Sumatera Barat. Saat ini LP2M merupakan organisasi berbadan hukum Perkumpulan dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan nomor pengesahan NO.AHU-0001676.AH.01.07/2005.

Wilayah Kerja:  Padang, Padang Pariaman, Tanah Datar, Sawahlunto, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Isu Strategis: pengorganisasian kelompok perempuan dan penguatan masyarakat marginal dengan mengedepankan prinsip inklusi sosial, pengembangan usaha produktif perempuan yang mandiri, advokasi kebijakan publik, perlindungan dan pemenuhan hak-hak asasi perempuan (HAP), advokasi pemenuhan dan perlindungan Hak kesehatan seksual & reproduksi, aktualisasi nilai-nilai lokal yang peka gender, perlindungan, pengakuan dan pemenuhan hukum dan hak masyarakat adat, melakukan penelitian dan dialog-dialog kebudayaan

Alamat: Jl.Semeru Raya No.12 A, Kel.Gunung Pangilun, Kec.Padang Utara, Padang 25137 Sumatera Barat

Website: http://lp2m.or.id/

Media Sosial:

Kontak: