Skip to main content

Untuk menjamin politik anggaran yang pro rakyat dengan prinsip akuntabel dan partisipatif, maka transparansi menjadi strategi perjuangan. Atas dasar itu, Forum Analisis Keterwakilan dan Transparansi Anggaran didirikan dalam rangka menuntut dipenuhinya hak-hak rakyat untuk terlibat dalam seluruh proses penganggaran, mulai dari proses penyusunan, pembahasan, pelaksanaan anggaran sampai pada evaluasinya. FAKTA bersama seluruh komponen masyarakat membangun gerakan transparansi anggaran hingga terciptanya anggaran daerah yang memenuhi kesejahteraan dan keadilan rakyat. Perjuangan FAKTA atas anggaran ditujukan untuk pemenuhan hak-hak ekonomi, sosial,  budaya dan politik di Kalimantan Barat.

Dengan pilihan posisi seperti itu, FAKTA sesungguhnya hendak menegaskan kepada para pembuat kebijakan dan pengambil keputusan baik daerah, negara, PBB, organisasi internasional, lembaga keuangan internasional, perusahaan multi nasional maupun kelompok lain yang potensial merusak Transparansi Anggaran dan sumber–sumber kehidupan rakyat, bahwa rakyatlah pemilik kedaulatan atas Transparansi Anggaran dan sumber-sumber kehidupan rakyat.

FAKTA memainkan peran: menggalang sinergi kekuatan antar organisasi non-pemerintah dan organisasi  rakyat yang berorientasi pada nilai-nilai : (1) Partisipasi masyarakat, (2) tegaknya supremasi hukum (3) transparansi, (4) kesetaraan (5) efektivitas dan efisiensi, (6) akuntabilitas, (7) adil jender, (8) keswadayaandan (9) profesionalisme, (10) antikekerasan.

Wilayah Kerja: Kalimantan Barat

Isu Strategis: transparansi, kedaulatan, anggaran

Alamat: Komplek Untan Jl. Karangan No. 27 Pontianak-Kalimantan Barat

Website: http://faktakalbar.blogspot.com

Media Sosial:

Kontak: