Skip to main content

Kawal Borneo Community Foundation (KBCF) merupakan lembaga yang berdiri pada tahun 2008. KBCF didirikan untuk membantu memfasilitasi masyarakat adat dan masyarakat lokal untuk mendapatkan akses dan kendali atas pengelolaan sumber daya alam di wilayah kelola mereka melalui skema perhutanan sosial. Selain itu, KBCF juga mendukung penguatan kapasitas masyarakat dalam pelestarian hutan dan peningkatan mata pencaharian masyarakat. Yayasan ini bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kalimantan Timur untuk mendukung percepatan perhutanan sosial. Saat ini KBCF mendampingi masyarakat didaerah Kutai Barat dan Kutai Timur untuk mendapatkan akses legal perhutanan sosial.

KBCF juga aktif dalam mensosialisasikan dasar hukum, serta pembentukan lembaga pengelola potensi perhutanan sosial. Melalui program tersebut KBCF berharap agar masyarakat dapat terlindungi secara hukum dalam mengelola dan melestarikan hutan. Selain itu, KBCF juga terlibat dalam menjembatani pemerintah daerah dan desa dengan masyarakat dalam rangka mendukung pengelolaan hutan berbasis masyarakat dan usaha HHBK berbasis masyarakat.

Wilayah Kerja: Kutai Barat, Kutai Timur, Kalimantan Timur

Isu Strategis: lingkungan dan kehutanan

Alamat: Komplek Melati Blok D No.14, Jalan Pangeran Suryanata, Air Putih, Samarinda Ulu, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Website: http://kawalborneo.org/

Media Sosial:

Kontak: