Skip to main content

Tahun 2011, sekelompok ilmuwan kelautan di Manado merasa khawatir, tentang kondisi lingkungan pesisir dan laut yang unik yang mengalami penurunan kualitas sebagai akibat dari pengelolaan yang tidak lestari. Dilandasi dari situasi ini, pada tahun 2015, dibentuklah Perkumpulan Manengkel Solidaritas, sebuah organisasi yang dinamis dan non-pemerinta untuk membantu dan menginspirasi masyarakat lokal untuk hidup berdampingan dengan lingkungan laut secara berkelanjutan.

Provinsi Sulawesi Utara terletak di Eko-Region Laut Sulawesi dan merupakan bagian dari Segitiga Terumbu Karang – sistem terumbu karang paling beragam di dunia! Wilayah ini adalah rumah bagi lebih dari 70 spesies karang keras dan 2.500 spesies ikan. Sayangnya, banyak aktivitas manusia yang mengancam ekosistem yang berharga ini. Manengkel Solidaritas bekerja untuk mengurangi degradasi lingkungan dan memberikan pendidikan kepada masyarakat lokal tentang praktik kelautan yang berkelanjutan, untuk memastikan perlindungan dan kesejahteraan lingkungan laut yang penting ini.

Wilayah Kerja: Manado, Sulawesi Utara

Isu Strategis: konservasi berbasis masyarakat, pengelolaan laut berkelanjutan, sumberdaya alam dan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan lingkungan.

Alamat: Lorong Jos Sudarsoh 12, Paal 2, Manado Sulawesi Utara – Indonesia

Website: https://www.manengkel.org

Media Sosial:

Kontak: