Skip to main content

Yayasan Cendrawasih Bersatu Papua didirikan pada tanggal 10 Juni 2005, kelompok ini pada mulanya bernama Yayasan Cendrawasih Bersatu Merauke atau disingkat CBM. Visi yang diangkat oleh Yayasan Cendrawasih Bersatu Papua adalah meningkatkan mutu hidup, berdaya dan setara.

Kelompok CBM lahir dari kesatuan hati Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) dan mereka yang selama ini peduli dengan ODHA. YCB bergerak dalam program dukungan bagi ODHA yang berpusat di Merauke, yang hingga saat ini sudah melakukan intervensi pada 8 (delapan) kapubaten di wilayah Papua yang memiliki tingkat HIV tinggi.

Isu penanggulangan dan pendampingan HIV menjadi fokus utama YCB. Hal ini berangkat dari keprihatinan terhadap masyarakat Merauke (pengidap HIV) yang menempati urutan tertinggi tingkat kematian yang disebabkan oleh HIV.

Wilayah Kerja: Merauke, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Mimika, Biak, Wamena, Paniai, Nabire, Yapen.

Isu Strategis: pemberdayaan desa, pendampingan penderita HIV, hak kesehatan seksual dan reproduksi, gender, dan male involvement.

Alamat: Gg. Mumu, Bambu Pemali, Kec. Merauke, Kabupaten Merauke, Papua 99614/JL. Irian Seinggu Gang Tidore, Mandala, Kec. Merauke, Kabupaten Merauke, Papua 99614

Website: –

Media Sosial:

Kontak: