Skip to main content

Sapa Institute didirikan di Kabupaten Bandung sejak tahun 2005 dan telah memiliki Badan Hukum Perkumpulan pada Notaris Irma Rachmawati dengan Nomor 14/10/April/2008. Sapa Institut adalah sebuah learning organization non profit dan independen yang bergerak dari semangat voluntarian/kerelawanan, terdiri dari orang-orang muda yang berfokus pada isu perempuan terkait hak seksual, kesehatan reproduksi dan kemandirian ekonomi perempuan serta anti kekerasan.

Dengan berpegang pada prinsip dan nilai-nilai dasar Demokratis, Kemanusiaan, Keberagaman, Kesetaraan, Transparan, Kemitraan, Anti Kekerasan, Solidaritas, Non Diskriminatif, Kerelawanan, Sapa Institut memiliki komitmen yang tegas dan jelas untuk turut serta menciptakan masyarakat, khususnya perempuan yang sejahtera, mandiri, berkeadilan dan terpenuhi hak-hak dasarnya.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, Sapa Institut melakukan berbagai aktivitas untuk mengorganisir perempuan di berbagai kecamatan di Kabupaten Bandung dan juga Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Barat.

Hingga pada tahun 2015, Sapa Institut telah telah berhasil membentuk dan memperkuat 10 komunitas perempuan yang diberi nama Bale Istri (Bais) dan 7 Komunitas Remaja yang diberi nama Bale Remaja (Bare) serta Komunitas Laki-laki Pendukung (support group) Gerakan Perempuan Yang diberi nama Bale Laki-laki (BAL).

Wilayah Kerja: Jawa Barat

Isu Strategis: keadilan gender, anti kekerasan, penguatan kelompok masyarakat sipil, perempuan

Alamat: Jalan Ebah RT 01/03, Desa Cipaku, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40383.

Website: https://yayasansapa.id/tentang-kami/

Media Sosial:

Kontak: