Skip to main content

Solidaritas Perempuan (SP) merupakan organisasi feminis yang didirikan pada 10 Desember 1990.  Dalam pergerakannya, SP bekerja bersama dengan Perempuan Akar Rumput selama kurang lebih dalam rentang waktu sekitar 25 tahun dengan visi yang selaras yaitu mewujudkan tatanan sosial yang demokratis, berlandaskan prinsip-prinsip keadilan, kesadaran ekologis, menghargai pluralisme, dan anti kekerasan yang berdasar kepada sistem hubungan laki-laki dan perempuan yang setara di mana keduanya dapat berbagi akses dan kontrol atas sumber daya alam, sosial, budaya, ekonomi dan politik secara adil.

Komunitas Solidaritas Perempuan (SP) bersama-sama merajut kekuatan perempuan untuk melakukan perlawanan terhadap segala bentuk penindasan terhadap perempuan dan merebut kedaulatan perempuan dalam berbagai konteks. Hingga saat ini, SP memiliki 11 Komunitas/Cabang di 9 Provinsi yang bekerja langsung bersama  5.771 orang yang terdiri atas perempuan dan laki-laki, yang diantaranya merupakan bagian dari komunitas akar rumput, aktivis, akademisi maupun mahasiswa, yang tersebar di seluruh Indonesia dengan tujuan bersama yakni membangun dan memperkuat gerakan dalam merebut kembali kedaulatan perempuan atas hidup dan kehidupannya.

Komunitas Solidaritas Perempuan Kendari merupakan salah satu dari cabang Solidaritas Perempuan (SP) yang berkedudukan di Kendari. Komunitas ini memiliki konteks pergerakan yang mengarah kepada isu kedaulatan perempuan atas tanah. Isu ini diangkat dengan tujuan untuk memperkuat inisiatif perempuan dalam mempertahankan tanah sebagai sumber kehidupan. Selain itu, isu perlindungan perempuan buruh migran dan keluarganya, isu kedaulatan perempuan melawan perdagangan bebas serta isu investasi diangkat dengan tujuan utama yakni memperkuat inisiatif perempuan buruh migran untuk dapat berdaulat dan terorganisir secara penuh serta untuk mendorong terciptanya kebijakan yang mengarah kepada perlindungan perempuan nelayan dari segala mekanisme perdagangan bebas maupun investasi.

Wilayah Kerja: Konawee, Konawe Selatan, Kendari

Isu Strategis: isu kedaulatan perempuan atas tanah, isu perlindungan perempuan buruh migran dan keluarga, isu kedaulatan perempuan melawan perdagangan bebas, isu investasi dan capacity building.

 Alamat: JL Jend, A Yani, LRG Sinar Surya, No 22.A Kel. Anaiwoi, Kec. Kadia, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara,  Kode Pos 93118.

Website: https://www.solidaritasperempuan.org/

 Media Sosial:

Kontak: