Skip to main content

Gerakan Masyarakat Papua Lestari (GEMAPALA) merupakan sebuah lembaga yang secara ‘de facto’ didirikan pada tahun 2001. Lembaga ini dibentuk berdasarkan gagasan kumpulan anak muda Kota Fakfak yang berasal dari berbagai profesi dan latar belakang pendidikan. Pada tahun 2004 GEMAPALA mulai dirumuskan menjadi sebuah wadah perkumpulan yang berbentuk kelembagaan dan secara resmi disahkan pada tanggal 27 September 2006 melalui akta notaris no. 60 oleh Notaris Winar Sianet, SH. Selain itu, GEMAPALA secara resmi juga terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Fakfak pada tanggal 08 Juli 2006.

Dalam perkembangannya, GEMAPALA berfokus pada kegiatan yang mengarah pada pembangunan tatanan kehidupan masyarakat sipil Papua yang demokratis, beradab dan sejahtera. Adapun tujuan khusus dari GEMAPALA adalah mewujudkan masyarakat sipil Papua yang  sejahtera dan mandiri dalam bidang ekonomi, kesehatan, dan pendidikan, mewujudkan masyarakat sipil Papua yang kritis dan peduli akan kelestarian lingkungan serta konservasi alam Papua, menciptakan masyarakat sipil Papua yang kritis dan mampu melakukan kontrol terhadap proses pembangunan dan berbagai kebijakan pemerintah di tanah Papua, serta menciptakan masyarakat Sipil Papua yang menghargai nilai-nilai universal seperti HAM, demokrasi, kesetaraan gender,  perdamaian dan pluralisme.  Secara umum fokus utama GEMAPALA adalah untuk meningkatkan kualitas hidup, kesehatan, kecerdasan, dan kesejahteraan seluruh masyarakat Papua secara adil, merata serta peduli terhadap kelestarian lingkungan alam Papua.

Prinsip yang dilaksanakan dalam pergerakan GEMAPALA diantaranya meliputi; pengarus utamaan partisipasi masyarakat, pengarusutamaan pembangunan berkelanjutan, transparansi dan akuntabilitas, pengarustamaan  mitigasi atau penanggulangan bencana, serta pengarusutamaan gender.

Wilayah Kerja: Fakfak, Papua Barat.

Isu Strategis: penguatan kapasitas masyarakat, penguatan tata pemerintahan lokal,  penguatan institusi sosial ekonomi masyarakat, pelestarian lingkungan hidup.

Alamat: Jln. Imam Bonjol, Eks Pos TNI-AL, Wagom – Fakfak

Website http://gemapala-fakfak.blogspot.com/2011/06/gemapala-fakfak-papua-barat.html

Media Sosial:

Kontak: