Skip to main content

Solidaritas Generasi Cerdas disingkat SGC, wilayah kerja untuk seluruh Indonesia berdomisili adalah LSM yang mendedikasikan gerakannya pada Peningkatan Kapasitas Perempuanan serta Perlindungan HAK ANAK dan PEREMPUAN.

SGC lahir pada tanggal 28 Oktober 2018, terdaftar di Kememkumham tahun 2019, SGC muncul atas keresahan masyarakat khsusnya kaum perempuan desa dan perempuan miskin kota yang selama ini hidup dalam keterpurukan secara ekonomi, ketertinggalan informasi di lingkungan masyarakat yang selalu hidup dibawah tekanan dan ancaman yang kerap terjadi di Dalam Rumah Tangga mereka, begitu juga dengan Anak yang tidak terlepas dari Kekerasan baik fisik dan psikis serta kekerasan seksual didalam lingkungan keluarga. Perempuan dan Anak adalah dampingan SGC dalam menyuarakan dan melindungi hak mereka, membantu meningkatkan kapasitas diri, meningkatkan perekonomian hingga tercapainya hidup layak, hidup sehat, berbudaya dan berakhlak mulia bagi anak dan remaja serta terbebas dari segala bentuk kekerasan di lingkungan tempat tinggal.

Pemberdayaan Kapitas Perempuan, meningkatkan ekonomi keluarga melalui UMKM kelompok bersama perempuan SGC dilakukan di Rumah Cerdas Perempuan, dan hingga saat ini UMKM SGC telah memproduksi Kain Lap Majun yang berbahan limbah kain perca, dan telah mendapat pasar di dunia usaha, SGC juga telah menempatkan beberapa kader kelompok perempuan sebagai anggota BPD di tingkat Desa dan Kepala Lingkungan di beberapa Kelurahan serta beberapa kader PKK di setiap Desa dan kelurahan (mereka ibu rumah tangga from Zero). Dalam melakukan pendampingan kekerasan SGC lebih banyak dihadapkan pada kasus-kasus anak yang berhadapan dengan hukum (korban dan/atau pelaku), korban kekerasan Seksual, TPPO, putus sekolah, dan perempuan korban KDRT.

Semua kegiatan SGC dilakukan dengan usaha swadaya sendiri, hingga saat ini belum ada bantuan dari pihak manapun.

Visi :

Terciptanya Kesejahteraan Perempuan dan Anak yang Mandiri, Trampil dan Cerdas
dan terbebas dari segala bentuk kekerasan.
Misi :

  1. Mengimplentasikan pendidikan dan advokasi perlindungan hak anak dan hak
    perempuan.
  2. Memperjuangkan pemajuan ekonomi perempuan
  3. Mempromosikan kesadaran publik tentang kesetaraan gender
  4. Memerangi segala bentuk diskriminasi bagi perempuan, anak dan anak difabel dalam
    lingkungan domestik dan public.

Wilayah Kerja: Seluruh Indonesia

Isu Strategis:  Peningkatan Pemberdayaan Kapasitas Perempuan dan Pembentukan Karakter Anak

Alamat:  Jl. Mangaan V Ling-XIII PSr-II belakang lapangan bolakaki Mabar Kec. Medan Deli Kota Medan Provinsi Sumatera Utara

Situs Web: –

Media social:

Kontak: