Skip to main content

Sumba Integrated Development adalah lembaga yang bekerja di pulau Sumba. Sejak didirikan pada tahun 2010 hingga saat ini, kami telah menjangkau sedikitnya 43.000 jiwa atau 10.000 keluarga melalui program pemberdayaan masyarakat yang terkategori rentan, terpinggirkan, dan terkucilkan.

Sebagai lembaga yang telah terdaftar pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan nomor AHU-0003174.AH.01.07 TAHUN 2016, SID telah menjadi salah satu lembaga mitra pembangunan yang berkolaborasi dengan multi-stakeholder, mulai dari pemerintah daerah hingga Kementerian terkait, termasuk kerja sama dengan LSM lokal dan internasional.

SID memiliki pengalaman dalam bidang advokasi kebijakan publik, advokasi sosial, dan advokasi hukum untuk mendukung pemberdayaan dan perlindungan anak, pengembangan pendidikan dan pemenuhan hak sosial masyarakat adat, adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana, life skill & entrepreneurship. Termasuk di dalamnya, pengembangan sekolah aman bencana, integrasi pengurangan risiko bencana di satuan PAUD, PAUD HI, dan pengembangan PAUD Ramah Anak dan Inklusi, pendidikan kesehatan reproduksi, HIV & AIDS.

Visi
Menjadi Lembaga yang positif, kreatif, inspiratif dan transformatif demi mewujudkan pembangunan masyarakat yang inklusi dan berkelanjutan.

Misi

  1. Menggalang Sumber daya dengan cara menggali dan menghidupkan nilai – nilai luhur kehidupan bermasyarakat sebagai dasar pengelolaan potensi yang tersedia demi kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.
  2. Mewujudkan tatakelola organisasi yang akuntabel dan memiliki daya saing dalam bidang community development & empowerment.
  3. Menginisiasi kolaborasi pentahelix demi terwujudnya pemenuhan hak-hak sipil masyarakat yang inklusi.

Wilayah Kerja: Kabupaten Sedaratan Sumba

Isu Strategis: Kemitraan Publik-Swasta-Komunitas, Anti Korupsi & Akuntabilitas Publik, Lingkungan & Perubahan Iklim, Penanggulangan Bencana, Ekonomi Kemasyarakatan, Pendidikan & Vokasi, Pemberdayaan Desa, Pertanian & Pangan, Kesetaraan Gender, Disabilitas, dan Inklusi Sosial (GEDSI), Seni, Budaya & Pariwisata, Pemberdayaan Pemuda, Pemberdayaan Perempuan & Anak, Pemberdayaan Masyarakat Adat

Alamat: Jl. Jati, Nomor 2, kampung baru, Waingapu, Sumba Timur, NTT, 87116

Situs Web:  sidsumba.org

Media social: 

Kontak: