Skip to main content

Sejak awal Holi’ana’a meletakkan misi dan nilai-nilai berupa dasar kemanusiaan, yayasan non keagamaan yang berdiri di atas nilai-nilai keadilan, kebenaran, kesetaraaan dan perdamaian. Proyek pertama yang dilaksanakan merupakan cikal bakal berlanjutnya berbagai kegiatan yang berlangsung hingga saaat ini, salah satu pemberdayaan yang dilakukan berupa pemberdayaan ekonomi, dan termasuk demonstrasi tanaman organik untuk melatih para petani lokal.

Pada tahun 2004, sebuah tsunami dahsyat melanda sebagian daerah Pulau Nias dan memberikan dampak yang signifikan, dan setelahnya diikuti oleh gempa bumi yang lebih dahsyat pada tahun 2005. Yayasan Holi’ana’a saat itu memimpin pembangunan dan pengelolaan dapur umum, distribusi makanan dan logistik, dan bangunan sekolah serta pemulihan mata pencaharian, konstruksi rumah warga, pelatihan kesiapsigaan bencana dan proyek pemulihan lingkungan. Sudah bertahun-bertahun Holi’ana’a telah membantu lebih dari 2.500 keluarga yang terkena bencana bekerjasama dengan mitra dari luar negeri.

Pada tahun 2011, dalam kerjasama dengan Palang Merah Singapura dan Efos, tiga hektar tanah di pinggir Kota Gunungsitoli dibeli untuk mendirikan Livelihood Training Centre. Sebuah tempat berupa kebun yang dirancang untuk pelatihan dan akomodasi hingga 60 orang, pelatihan dan edukasi yang diberikan berupa pengetahuan tentang karet, panen padi dan kakao, pertanian buah dan sayuran organik, peternakan babi, peternakan ikan lele, keuangan mikro, usaha mikro dan juga pelatihan tentang isu-isu sosial seperti gender, perubahan iklim dan PRB. Pusat pelatihan ini telah melatih lebih dari 5.000 orang sejak tahun 2012 dari berbagai latar belakang yang berbeda; termasuk perempuan, petani, pemimpin desa, pekerja LSM, pekerja pemerintah dan siswa.

Yayasan Holi’ana’a juga telah mendirikan lembaga keuangan mikro bernama KSP YATEHOLI yang kini memiliki lebih dari 1.000 anggota di Pulau Nias.

Visi
Visi kami adalah untuk membawa keadilan, perdamaian, kekuatan, kemandirian, dan kebaikan kepada masyarakat Pulau Nias tanpa membedakan agama, etnis, atau status.

Misi

  1. Memperkuat komunitas menjadi lebih mandiri secara sosial, ekonomi, budaya, dan politik.
  2. Meningkatkan kesadaran tentang kesehatan, lingkungan, dan hak asasi manusia yang berpengaruh pada masyarakat Nias.
  3. Mempercepat kemandirian masyarakat melalui proyek-proyek percontohan dan pusat-pusat pendidikan dan pelatihan.
  4. Memberikan layanan tanggap darurat untuk berbagai jenis bencana alam, terutama yang terjadi di Pulau Nias.

Wilayah Kerja: Kepulauan Nias Dan Provinsi Sumatera Utara

Isu Strategis: HAM & Bantuan Hukum, Kebijakan Publik, Kemitraan Publik-Swasta-Komunitas, Anti Korupsi & Akuntabilitas Publik, Lingkungan & Perubahan Iklim, Penanggulangan Bencana, Ekonomi Kemasyarakatan, Pendidikan & Vokasi, Pemberdayaan Desa, Pertanian & Pangan, Energi & Transportasi, Kesetaraan Gender, Disabilitas, dan Inklusi Sosial (GEDSI), Seni, Budaya & Pariwisata, Infrastruktur Hijau, Reformasi Agraria, Pendanaan Lestari, Penanganan Konflik, Air Bersih & Sampah, Pemberdayaan Pemuda, Kesehatan Masyarakat, Keselamatan & Keamanan, Perburuhan & Ketenagakerjaan, Pemberdayaan Perempuan & Anak, Pemberdayaan Masyarakat Adat, Teknologi Informasi, Komunikasi, & Keamananan Digital, Rehabilitasi Pengguna Narkotika

Alamat:  Desa Gawugawu Bo’uso km 11.4 Kecamatan Gunungsitoli Utara & Desa Simanaere km 13,5 Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli

Situs Web: holianaa.or.id

Kontak: