Skip to main content

Perkumpulan Lingkar adalah sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang pengurangan risiko bencana, adaptasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. Perkumpulan Lingkar aktif mendampingi, memfasilitasi dan meningkatkan kapasitas komunitas yang rentan terkena bencana, baik komunitas desa maupun sekolah, tempat ibadah, dalam menerapkan upaya-upaya pengelolaan risiko bencana berbasis komunitas. Perkumpulan Lingkar juga memfasilitasi dan bekerja dengan beragam kelompok rentan; perempuan, anak-anak, orang dengan disabilitas dan kelompok termarginalkan, serta melakukan advokasi hak-hak dan partisipasi mereka dalam proses pembangunan yang berkelanjutan.

Kekuatan Perkumpulan Lingkar terletak dalam kemampuannya menyusun dan mengembangkan konsep program yang utuh, menyeluruh dan berkelanjutan, serta sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan terkini. Perkumpulan Lingkar juga didukung oleh anggota-anggota dengan latar belakang dan kemampuan yang beragam. Kekuatan ini membuat Perkumpulan Lingkar mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak: pemerintah, masyarakat, sekolah, lembaga lain dan private sector.

Pada kerja-kerja berjaringan, Perkumpulan Lingkar aktif berpartisipasi sebagai anggota di jaringanjaringan kerja pengurangan risiko bencana, seperti KPB/CDE (Konsorsium Pendidikan Bencana), Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana Indonesia dan Forum Pengurangan Risiko Bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, Lingkar juga aktif menjalin kerjasama dan memberikan dukungan teknis kepada BNPB dan BPBD di beberapa daerah, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jambi dan Nusa Tenggara Barat, untuk melaksanakan usaha-usaha pengelolaan risiko bencana dan pembangunan berkelanjutan.

Visi
Masyarakat madani yang kritis dan demokratis dengan penghidupan berkelanjutan yang tanggap dan tangguh terhadap bencana.

Misi

  1. Menumbuhkembangkan kesadartahuan masyarakat tentang kerawanan dan penanggulangan bencana
  2. Melaksanakan pelayanan kemanusiaan penanggulangan bencana yang responsif dan langsung melalui pendekatan berbasis masyarakat
  3. Melakukan pendampingan kepada komunitas yang terkena dampak maupun berisiko bencana dengan pendekatan yang berbasis masyarakat
  4. Menjalin dan memperluas kerja sama yang strategis dengan para pihak yang bervisi selaras
  5. Menciptakan kondisi kebijakan publik yang antisipatif dan responsif terhadap bencana
  6. Mempromosikan sikap altruisme/solidaritas sosial-kemanusiaan secara luas.

Wilayah Kerja: Wilayah target Perkumpulan Lingkar adalah di Indonesia. Saat ini Perkumpulan Lingkar aktif di kawasan Yogyakarta dan Pulau Jawa. Sasaran penerima manfaat Perkumpulan Lingkar adalah komunitas terpapar risiko bencana, termasuk sekolah dan instansi pemerintah.

Isu Strategis: Lingkungan & Perubahan Iklim, Penanggulangan Bencana

Alamat: Jalan Banteng Perkasa 40, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Situs Web:  lingkar.or.id

Media social: 

Kontak: