Tentang kami Lokadaya

Profil LOKADAYA

Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) lokal memiliki peran penting dengan bekerja di tengah tiga aktor pembangunan yaitu: pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. OMS lokal memegang fungsi yang akan selalu membuat para aktor pembangunan bekerja, memeriksa secara kritis, dan mengajukan koreksi atas stagnasi tatanan lama, serta menjalankan fungsi katalis bagi tumbuhnya inisiatif masyarakat yang akan terus menerus memperbarui sistem swatata lokal1, beserta seluruh siklus umpan baliknya. Selain bekerja di tengah tegangan para aktor pembangunan, OMS lokal juga berperan memfasilitasi dan menjembatani dialog dan pengembangan kemitraan antar mereka.

LOKADAYA merupakan jaringan yang mendukung pengembangan solusi lokal dari OMS-OMS yang bekerja membantu masyarakat dalam memecahkan permasalahan, mengikis hambatan dan menjawab tantangan yang selama ini ditemui. LOKADAYA menyadari keterbatasan sumber daya yang dimiliki OMS, serta kebutuhan kolaborasi dengan sebanyak-banyaknya pihak lain untuk menjadikan LOKADAYA sebagai pemacu dan pengungkit gerakan keberdayaan warga. Oleh karenanya, LOKADAYA akan mencari peluang dan skema kerjasama terbaik yang bisa diupayakan dengan berbagai mitra strategis, terutama: mitra pengembang dan penyedia layanan teknologi informasi digital, segala bentuk media digital, UMKM dan perusahaan lokal, dan pemerintah daerah setempat.

Luas cakupan LOKADAYA tersebar di 514 kabupaten/kota di keseluruhan 34 provinsi di Indonesia dengan membangun jejaring OMS. Operasionalisasi LOKADAYA dimulai dengan mengembangkan Jejaring LOKADAYA Nasional pada 34 provinsi di Indonesia. Jejaring LOKADAYA Nasional akan menggalang keterlibatan OMS lokal tingkat kabupaten/kota dan membentuk Jejaring LOKADAYA Provinsi terkait.

PLATFORM LOKADAYA

Platform LOKADAYA merupakan ruang digital untuk pengembangan dan penghubung antar anggota jaringan. Platform LOKADAYA memiliki 3 fitur utama, yaitu: Galang Daya, Profil Mitra, dan Cerita Perubahan. Fitur Galang Daya mencakup opsi penggalangan sumber daya berupa: donasi publik, sumbangan non-dana (kesukarelawanan, peralatan, perlengkapan atau dukungan aset lainnya), dan opsi kemitraan/kerjasama. Fitur Profil Mitra dan Cerita Perubahan diharapkan mampu mendekatkan inisiatif layanan lokal OMS kepada publik yang menjadi sasaran/target penggalangan sumber daya.